Bintang Jerman Senantiasa Disambut Hangat Publik Spanyol

Bintang Jerman Senantiasa Disambut Hangat Publik Spanyol

Mantan punggawa Barcelona, Bernd Schuster, mengakui tidak tercengang menyaksikan bila beberapa bintang Jerman yang merantau menuju LaLiga pada masa mendatang. Anggapannya, publik Spanyol senantiasa menyediakan sambutan yang hangat pada bintang-bintang dari Jerman.

Kompetisi musim ini, Jerman diwakili oleh 2 orang bintang level dunia di LaLiga. Mereka berdua ialah Marc-Andre ter Stegen dari Barcelona dan jendral gelanggang sentral Real Madrid, Toni Kroos. Di musim-musim sebelumnya, terdapat sejumlah nama kayak Mesut Oezil, Sami Khedira dan Skhodran Mustafi.

“Pemain Jerman senantiasa menerima sambutan yang meriah dari publik LaLiga. Sebab, tidak terdapat bintang Jerman yang tidak berhasil di Spanyol. Sebelum aku, terdapat Gunter Netzer dan Paul Breitner. Kemudian Uli Steike, aku dan selanjutnya Bodo Ilgner, ” tutur Bernd Schuster pada DW.

Bernd Schuster sendiri adalah salah satu legiun asing yang memperkuat Barcelona di tahun 1980-88. Di samping itu, dia jua sempat jadi manajer Real Madrid pada kompetisi musim 2007-08.

Dia juga mengakui amat menikmati masa-masa berlaga di Spanyol. Dia sampai-sampai mengenang jaman dimana dia muncul menuju Spanyol namun tidak dapat mengucapkan sepatah kata juga di dalam bahasa Spanyol.

“Saya tiba menuju Barcelona tanpa dapat mengucapkan sepatah kata juga di dalam bahasa Spanyol. Mencakup Buenos Dias dan Gracias. Namun, aku beruntung sebab terdapat salah satu staff medis lulusan Jerman. Ia adalah penerjemah aku, ” tutur lelaki 59 tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.